pesan

Jumat, 21 Maret 2014

Opini

           BK SEBAGAI ALTERNATIF.

Pembunuhan kini sering terjadi dan kerap melibatkan seorang pelajar hingga mahasiswa .
Akhir-akhir  ini tidak sedikit seorang pelajar dan mahasiswa nekat melakukan pembunuhan sebagai solusi terakhir dalam menyelesaikan masalahnya .
Dan yang kerap terjadi yaitu pacar dan teman dekat si pelaku .

Hal itu mencerminkan bahwa bangsa indonesia kini sudah mengalami krisis moral dalam bidang pendidikan ..
pendidikan karakter atau pendidikan moral terhadap peserta didik sudah memudar bahkan sudah tidak ada lagi pendidikan moral.
Ada kemungkin karena semua guru-guru pengajar lebih fokus terhadap materi pelajaran yang harus ditempuh untuk mencapai target maksimal yang harus ditempuh peserta didik  sehingga melupakan pendidikan karakter peserta didik, sedangkan pendidikan karakter lebih penting dari pada  mata pelajaran yang lain karena sangat berpengaruh pada kualitas intelektual peserta didik .

Hal ini  telah menuntut para guru-guru bk untuk memberikan pendidikan katakter atau moral kepada peserta didik. Karena guru bk yang mempunya kompetensi bagaimana memahami karakter Siswa dan membenruk karakter Siswa dengan berbagai macam teknik dalam bk. Selain itu bk juga dapat menjadi wadah Siswa untuk mencurahkan semua permasalahannya dan  memberi pelayanan bantuan terhadap Siswa-siaswa yang bermasalah .

Sehingga siswa dapat menyelesaikan masalahnya dengan bantuan pelayanan konseling oleh konselor profesional atau guru bk ( bimbingan konseling ).
Dan dapat meminimalisir ångka kriminalisasi oleh Siswa .
Mari Kita budayakan bimbingan dan konseling pada lembaga-lembaga baik negri maupun swasta, demi terciptanya generasi pewaris peradaban yang berkarakter dan berakhlak mulia munuju Indonesia lebih jaya .

Tidak ada komentar: