pesan

Sabtu, 14 September 2013

TERAPI HUMOR


Saat ini pemberian stimulasi humor untuk membuat orang lain tertawa, tentunya sangat diperlukan apabila kita mengingat ada beberapa orang diantara kita tidak dapat tertawa tanpa sebab yang pasti. Stimulasi humor yang dimaksud dapat diberikan dalam bentuk berbagai media, seperti VCD, dangdut, komik, sms lucu, dan banyak lagi. Ada banyak tayangan TV yang dapat memberikan stimuasi humor, seperti Empat Mata yang didalangi oleh Tukul Arwana, dan banyak lagi. Merupakan serangkaian stimulant yang dapat mengocok perut kita sehingga membuat kita tertawa sampai terpingkal-pingkal. Setiap tayangan tersebut harus kita yakini memiliki tujuan yang sama yaitu, membuat orang tertawa terciptanya kreasi kritis untuk menggunakan media humor sebagai bentuk terapi merupakan hal yang sangat beralasan. Sekarang kita akan menggali kembali cerita terciptanya teapi humor modern.
Berbagai penelitian menunjukkat bahwa humor dapat digunakan untuk memfasilitasi komunikasi dalam situasi sulit atau tegang (filipowicz, 2003) sehingga mampu mengontrol terjadinya konflik interpersonal. Menemukan humor dalam berbagai situasi dan tertawa lepas dengan ingkungan sekitar dapat dijadkan sebagai salah satu pemecah terjadinya konflin interpersonal. Dan mampu menjadikan komunikasi yang lebih baik dan terbuka.
Individuyang memiliki kepekaan terhadap humor mampu melakukan introspeksi terhadap perilakunya, dapat berpandangan berbeda, tidak kaku, serta cenderung memandang cara-cara baru dalam menghadapi masalahnya sehingga dapat melatih diri untuk mampu berpikir lebih fleksible.
Edelmann (1997) mengungkapkan dampak negative konflik interpersonal dapat mrnimbulkan stress, menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan berfikir jernih, serta ketidak mampuan untuk rileks. Melalui humor, akan mampu mencegah perasaan tres yang diliputi perasaan amarah dan takut.
Sarlito (Irawati, 2002) mengatakan bahwa untuk dapat mengamati, merasakan atau mengungkapkan humor individu dituntut untuk memiliki sense atau kepekaan. Kepekaan untuk merasakan kelucuan berupa humor disebut sense of humor.

Tidak ada komentar: